Jumlah Ketidaklulusan UN di Sumut Dikoreksi,

 

Panitia UN Sumut Salahkan Jakarta : “4.564 Siswa Lulus Berubah 290 Siswa”

Gambar

Teks Foto : Perjuangan siswa SMU saat melewati ujian akhir alias Ujian Nasional (UN).int

Sementara  itu dikutip dari detik.com, Ketua Panitia UN Sumut, Yusri, menyatakan, jika  jumlah 290 siswa itu merupakan angka sementara hingga Jumat (31/5/2013).”Jumlah itu bisa saja semakin berkurang jika ada yang mengajukan protes soal ketidaklulusan di UN dan ternyata ada kesalahan data siswa,” Kata Yusri kepada wartawan di kantor Dinas Pendidikan Sumut, Jalan Cik Di Tiro, Medan. Sabtu (1/5/2013).
Sebaliknya, menanggapi hal itu, Yusri malah berdalih dalam hal pengkoreskian  tersebut dimungkinkan karena adanya kesalahan dari Jakarta, “Koreksi itu karena memang ada kesalahan data dari Jakarta, karena error,’ ujar Yusri sembari mangatakan  jika hasil koreksi pun telah disampaikan ke dinas

Disebutkan Yusri, pada 24 Mei saat diumumkan jumlah yang tidak lulus memang 4.564 siswa. Tetapi pada 25 Mei sekitar pukul 10.00 WIB, datang koreksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, sehingga angka ketidaklulusan menjadi hanya 291 siswa.

Kemudian, datang lagi koreksi dari kasus Gita Saraswati. Siswa SMA Negeri 15 Medan ini semula dinyatakan tidak lulus, namun setelah mengajukan protes terhadap nilai ujian Bahasa Indonesia yang 0,8, ternyata nilai sebenarnya 7,80 dan akhirnya lulus.

Dengan demikian jumlah yang tidak lulus berkurang lagi satu, jadi tinggal 290 siswa. Tetapi jumlah ini bisa saja dikoreksi lagi, jika ada keberatan yang terbukti. Dinas Pendidikan Sumut tidak membatasi waktu untuk komplain, walau menilai lebih dari minggu sejak kelulusan diumumkan bisa jadi sudah terlalu lama.

“Jika memang ada ketidakyakinan siswa dengan ketidaklulusan UN, padahal misalnya pintar, bisa saja mengecek hasilnya, datang ke kita. Sebenarnya ini bukan hal baru, tahun lalu juga ada, cuma tidak terlalu besar kasusnya,” kata Yusri.(Rizal/Detik)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s